Breaking News

Makanan khas Lampung



Makanan khas Lampung 




Masyarakat Lampung merupakan suatu masyarakat yang suka dengan berkumpul satu sama lain untuk saling bersilaturahmi baik dengan keluarga sendiri ataupun dengan tetangganya.Oleh karena itu secara kekeluargaan masyarakat Lampung sangat erat satu sama lain secara kultural masyarakat Lampung mempunyai dua adat yang sedikit berbeda yaitu Lampung Saibatin dan Lampung Pepadun.Berbicara kuliner Lampung mempunyai beragam kuliner yang harus kamu coba .
1.Seruit
Seruit merupakan makanan khas Lampung yang dihidangkan pada saat acara berkumpul baik keluarga besar atau pada acara-acara lainnya seperti pernikahan adat hingga keagamaan.
Seruit sendiri merupakan makanan yang terbuat dari ikan bakar yang dicampur dengan sambal terasi khas Lampung atau beberapa tambahan mangga dan jenis ikan yang digunakan hanya saja yang digunakan adalah ikan-ikan dari sungai besar seperti ikan ikan baung,ikan lais dan sebagainya.
2. Tempoyak
Tempatnya merupakan masak-masakan yang memiliki bahan dasar buah durian yang telah difermentasi tempat sudah dikenal di berbagai wilayah baik di Indonesia maupun di negeri tetangga seperti Malaysia.
Cara membuatnya pun sangat mudah durian yang dipilih diusahakan dari durian yang memiliki kualitas super dan benar-benar sudah matang agar kualitas rasa dari tempoyak lebih nikmat Setelah itu kamu harus memisahkan daging durian dengan bijinya dan diberikan sedikit garam kemudian tambahkan cabai rawit secukupnya, hal ini untuk mempercepat fermentasi dan simpanlah di tempat yang tertutup rapat dan mempunyai suhu udara yang dingin jika perlu dimasukkan ke dalam kulkas. Setelah 2 sampai 5 hari kamu bisa mengolahnya dengan ikan seperti mujair, ikan mas dan ikan lainnya .Jika dibuat sambal kamu harus mencampurkan bawang putih dan merah,cabe halus atau sedikit gula untuk penyedap rasa.
3. Geguduh
Geguduh  merupakan makanan sejenis kue yang terbuat dari pisang yang telah dihaluskan.
Pisang yang digunakan untuk membuat geguduh  adalah pisang kepok .Sedangkan jika ingin menambah kenikmatan melalui lebih sedap penduduk Lampung menggunakan air sekapur sirih atau daun pandan.
5. Engkak
Engkak merupakan makanan khas Lampung yang mempunyai cita rasa manis engkak terbuat dari bahan telur dan mentega yang diproses hingga menjadi makanan yang memiliki tekstur lembut.
6.Gabing
Merupakan masakan khas Lampung yang mungkin pernah kamu jumpai di daerah lainnya .Gabing sendiri berbahan baku yang cukup unik karena terbuat dari batang kelapa yang masih muda.
Gabing  merupakan masakan berkuah walau terkadang ada juga beberapa yang tidak memberikan kuah pada masakan tersebut untuk menambah cita rasa pada gabing biasanya dicampur dengan daging segar jamur dan olahan lainnya yang akan memperkaya masakan.
7.Pindang
Pindang merupakan masakan khas Lampung yang mempunyai cita rasa seperti asam gurih tidak jauh berbeda dengan tomyam dari Thailand . Untuk menambah rasa dapat dicampurkan daun kemangi yang menjadi campuran pada kuah dan yang paling utama adalah ikan .

Tidak ada komentar